2011年3月11日金曜日

Gempa Bumi dan Tsunami melanda Jepang!

TOKYO - Gempa berkekuatan 8,9 skala richter yang melanda Jepang hari ini, memicu terjadinya tsunami yang tingginya mencapai 10 meter. Gempa yang melanda ini merupakan yang terbesar terjadi dalam waktu 140 tahun terakhir.

Pemerintah prefektur Wakayama saat ini telah memerintahkan evakuasi terhadap 20 ribu warga mereka. Evakuasi dilakukan saat peringatan tsunami diperkirakan mencapai wilayah tersebut. Demikian diberitakan Reuters, Jumat (11/3/2011).

Korban tewas dipastikan berjumlah enam orang. Lima Korban tewas berada di wilayah Prefektur Fukushima di sebelah utara Tokyo, dimana empat juta warga saat ini hidup tanpa ada aliran listrik.
Sementara satu orang korban tewas lainnya dilaporkan berada di Prefektur Tochighi.

Gempa ini juga memicu terjadinya api dan dan tembok air yang tinggi. Kondisi ini menyebabkan warga untuk berlindung ke tempat yang lebih tinggi.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa berkekuatan 8,8 Skala Richter mengguncang barat daya pantai Jepang, hari ini. USGS menyebutkan gempa bertitik pusat di 130 kilometer sebelah utara Seandai di Pulau Honshu pada kedalaman 24 kilometer.
(faj_Okezone.com)

Menurut kantor berita Al Jazeera, gempa juga dirasakan pada 160 km pesisir Tokyo. Sebelumnya dilaporkan kekuatan gempa 7,9 SR. Pihak meteorologi Jepang merevisi magnitude lindu mencapai 8,8 SR.Jepang mengeluarkan peringatan susulan di sekitar Taiwan. (metrotvnews.com)

Kita turut berduka mendengar dan melihat peristiwa ini... Mudah-mudahan Tuhan selalu melindungi... Amin

0 件のコメント:

コメントを投稿