2011年3月28日月曜日

日本語を勉強しましょう。。。

日本語を勉強しましょう。。。
Belajar Bahasa Jepang yukz!!!

Menyebut orang dengan benar dalam bahasa Jepang!
Bahasa Jepang salah satu bahasa yang unik di dunia. Jika dikaji secara linguistiknya, pola kalimat bahasa Jepang itu sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Saya cuma bisa membandingkannya dengan bahasa Indonesia(hehe). Bahasa Indonesia memiliki pola kalimat S-P-O-K, sedangkan pola kalimat bahasa Jepang adalah S-K-O-P. Kira-kira seperti itulah. Contohnya dalam kalimat:
bahasa Indonesia: Saya makan nasi  (S-P-O), sedangkan dalam bahasa Jepang berubah menjadi=Saya nasi makan (S-O-P) atau yang dalam bahasa Jepangnya わたしはご飯を食べます。
わたし=Saya (Subjek)
ご飯=nasi (Objek)
食べます=makan (Prediket)

Okay,,, Lets learn Japanese!!! Check this one out!!! Right Now!!!
Pertama kali yang harus kita tahu tentang Jepang adalah bagaimana orang Jepang itu menyapa sesamanya. Kenapa??? Karena Bahasa Jepang memiliki tingkatan bahasa/ kesopanan berbahasa. Dan untuk pemula, itu memang sulit untuk dipelajari. So, gimana sih cara menyapa seseorang dalam bahasa Jepang??? Dan gimana sih cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang???

-Menyapa orang dalam bahasa Jepang
Biasanya menyebut orang dalam bahasa Jepang itu, bisa dengan menyebut namanya serta ditambahkan kata sapaan さん(san)、くん(kun)、ちゃん(chan)、dll. さん、adalah panggilan umum dalam bahasa Jepang. Bisa digunakan untuk siapa saja dan dimana saja. Karena ini adalah bentuk sopan. くん、biasanya digunakan untuk cowok. Panggilan untuk cowok. Sedangkan ちゃん、adalah panggilan untuk seseorang yang telah akrab, panggilan kesayangan, atau panggilan dari seorang kakak kepada adiknya. Biasa juga digunakan oleh orangtua pada anaknya. Biasanya digunakan pada anak perempuan. Contohnya Ayumi-chan, Risa-chan, dll. Selain itu bentuk sapaan lainnya adalah 先生(sensei), ini digunakan kepada guru, atau orang yang punya keahlian.
-Menyebut diri sendiri dalam bahasa Jepang
Biasanya untuk menyebut diri sendiri dalam bahasa Jepang digunakan kata-kata berikut:
わたくし(watakushi):digunakan oleh laki-laki dan perempuan dalam situasi formal.
わたし(watashi):digunakan oleh laki-laki dan perempuan, menunjukkan kesopanan.
あたし(atashi):cara yang feminim untuk menyebut diri sendiri/ kecewek- cewekan.
おれ(ore):biasanya digunakan oleh laki-laki (kasar).
ぼく(boku):biasanya digunakan oleh laki-laki.
わし(washi): biasanya digunakan oleh orang tua yang paruh baya.

Okey, kita lanjut ke cara memperkenalkan diri dalam bahasa Jepang yaaa... やってみよう。。。
はじめまして。(hajimemashite- Perkenalkan)
私の名前はリサです。(Watashi no namae wa Risa desu- Nama saya Risa)
どうぞよろしく’おねがいします。(Douzo yoroshiku onegaishimasu- Senang berkenalan dengan Anda)

Kamu bisa ganti sendiri dengan nama kamu... Itu secara umum aja kok. Okehh, untuk pertemuan pertama cukup dulu kali yach!! Nanti disambung lagi...^^ Silakan kalau ada pertanyaan...

がんばってくださいね。


















 












0 件のコメント:

コメントを投稿